INTERPERSONAL SKILL
Gb. Ilustrasi - sumber unsplash.com
PART 2
PROVIDING FEEDBACK
2.1 Pengertian
Providing feedback artinya memberikan umpan balik dimana setiap bentuk komunikasi yang disampaikan kepada seseorang dengan tujuan agar orang tersebut mengetahui dampak perilakunya terhadap anda atau orang lain.
2.2 Feedback Positif dan Negatif
Gb. Ilustrasi - sumber : unsplash.com
Feedback positif yaitu umpan balik yang bernilai positif lebih bisa diterima daripada yang negatif. Hal ini bisa dipahami karena sebagian besar manusia lebih menyukai " Good news " daripada " Bad news ". Agar umpan balik negatif bisa diterima maka utarakan seobyektif mungkin disertai oleh informasi atau data lain yang mendukung.
2.3 Tips Pemberian Umpan Balik
2.3.1 Fokuskan pada perilaku yang yang spesifik.
Gb. Ilustrasi - sumber : unsplash.com
Maksudnya hindarkan kalimat seperti ini : " Perilakumu sangat jelek " atau " Saya sangat terkesan dengan pekerjaan anda " akan tetapi lebih baik jika kita mengatakan : " Kemarin anda terlambat sepuluh menit ". atau " Laporan keuangan yang anda susun mudah dimengerti " artinya menyampaikan informasi sedetail dan seobyektif mungkin pada fokus atau inti pemberian umpan balik.
2.3.2 Jaga agar tetap bersifat impersonal.
Gb. Ilustrasi - sumber : unsplash.com
Upayakan walau anda dalam situasi marah sekalipun jangan mengkritik kepribadian seseorang misalnya : " Dasar pemalas, pembohong " atau kata - kata yang menunjukkan sifat seseorang. Lebih baik dikritik tindakannya misalnya seperti : " Dalam satu minggu ini anda sudah dua hari tidak masuk tanpa pemberitahuan " dari sini sudah jelas bahwa memberikan umpan balik harus tanpa menyentuh personalnya atau kepribadian seseorang karena umpan balik yang efektif adalah terhadap tindakannya dan itu paling obyektif.
2.3.3 Segera.
Gb. Ilustrasi - sumber : unsplash.com
Umpan balik akan sangat bermakna bagi pihak penerima jika dilakukan segera setelah perilaku tertentu ditampilkan atau dilakukan. Misalnya memberikan tepuk tangan atas penampilan sang pembicara atau teguran sopan atas pelanggaran yang dilakukan seseorang. Setiap umpan balik yang disampaikan dengan segera sesaat perilaku atau perbuatan seseorang dilakukan sangat mendapat nilai positif dan lebih dapat diterima jadi
feedback yang disampaikan dengan segera sangatlah efektif.
2.3.4 Dimengerti.
Gb. Ilustrasi - sumber : unsplash.com
Pihak yang diberi umpan balik harus mengerti isi dari umpan balik yang dilontarkan kepadanya. Maksudnya penyampaian
feedback yang sederhana dan mudah dimengerti lebih efektif dan lebih mudah diterima seseorang dan jangan menyampaikan hal sebaliknya yang sulit dimengerti orang tersebut.
Komentar
Posting Komentar
Isi komentar kalian di sini..